Salah satu mimpi saya kita semua adalah ketersediaan dan keterbukaan data hidrologi di Indonesia. Hal tersebut akan sangat berguna bagi kemajuan riset-riset dan kualitas engineering design kita karena the decisions were made based on a more reliable dataset. Nah, meskipun masih banyak room for improvement nya, saya rasa kita sedang mengarah ke sana, aren’t we? Misalnya BMKG sudah lama merilis situs data online BMKG yang bisa kita tuju untuk mendownload beberapa data iklim. I think the reality might be getting closer (we gotta be optimist, right?).

Ok, sekarang, sebagai perbandingan mari kita tengok website yg menyediakan data hidrologi di Jepang. Website ini dikelola oleh MLIT (Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism) — seperti kemenPU nya Indonesia. Data-data bisa diakses di link berikut: http://www1.river.go.jp/

Halaman pertama website www1.river.go.jp

Website tersebut cukup straightforward. Pada halaman pertama, langsung disajikan pilihan cara mencari datanya:

  1. berdasarkan jenis stasiun atau tipe observasi: apakah mau mencari data hujan, water level, kualitas air, dsb
  2. berdasarkan peta
  3. berdasarkan nama sungai atau daerah yang ditinjau

Saya selalu memilih yang kedua, karena lebih mudah melihat peta daripada menghafal urutan kanji :p. Tapi itu tergantung kebiasaan masing-masing. Anyway, saya akan berikan contoh yang kedua saja ya, lebih jauh lagi silahkan dicoba sendiri.

Map based search

Setelah memilih cara ke-dua, yaitu berdasarkan peta, maka kita akan dibawa ke halaman yang berisi peta Jepang. Kita bisa pilih areanya dengan cara meng-klik perfecture yang kita tuju. Tidak perlu langsung presisi, karena pada “click” pertama, peta akan ter-zoom in melingkupi beberapa perfecture. Nah, setelah lokasi yang dituju ter-zoom dengan baik, maka beberapa stasiun yang tersedia di sana telah ditampilkan, seperti gambar di bawah. Selanjutnya, mudah saja tinggal pilih stasiun apa dan mana yang ingin diakses datanya.

Dan berikut contoh data water level perjamnya:

Should you have any question, drop them in the comment section bellow.

Enjoy!